Tugas 7. Weblog Blogspot

Tugas 7. Weblog Blogspot

Postingkan di blog Anda masing-masing !!! Patuhi Seluruh Peraturan Blog (PSPB) !!!

Sejak Kelas X yang lalu, Anda sudah diajari SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 untuk membuat dan mengelola Blogspot sesuai aturan Weblog yang berlaku. Tentunya, Anda merasakan ada yang berbeda dalam diri Anda baik sebelum Ngeblog hingga Ngeblog sampai saat ini. Tentunya pula, Anda merasakan suka dukanya membuat Blogspot. Senang, sebal, bingung, pusing, stress, senyum-senyum, pahit, manis, kecut. Nah ! Kini sudah saatnya SUHU menguji nyali kemampuan penguasaan Anda atas Dunia Weblog. Yang jelas P, SPB !(Pokoknya, Seluruh Pertanyaanku Bermanfaatlah !).

  1. Definisi Weblog !
  2. Sejarah Weblog !
  3. Sebutkan sebanyak mungkin Situs Layanan Gratis membuat Weblog !
  4. Sejarah Weblog Blogspot !
  5. Jelaskan, mengapa ketika akan membuat Blogspot harus masuk dulu ke Alamat URL http://www.blogger.com !
  6. Sejarah asal-usul berdirinya http://www.blogger.com !
  7. Manfaat Weblog yang Anda rasakan dan ketahui selama ini!
  8. Tujuan Weblog !
  9. Cara Membuat Blog Tingkat Dasar/Pemula versi Anda Sendiri !
  10. Definisi User Name dan Password dalam Weblog !
  11. Tujuan membuat User Name dan Password dalam Weblog !
  12. Solusi bilamana User Name ingat, namun lupa Passwordnya !
  13. Solusi bilamana Passwordnya ingat, namun User Namenya lupa !
  14. Definisi Login (Sign In) !
  15. Manfaat Login (Sign In) !
  16. Tujuan Login (Sign In) !
  17. Definisi Register (Sign Up) !
  18. Manfaat Register (Sign Up) !
  19. Definisi Dashboard !
  20. Manfaat Dashboard !
  21. Tujuan Dashboard !
  22. Berikan alasan, mengapa setiap akan mengelola Weblog selalu harus masuk ke Menu Dashboard !?
  23. Tuliskan tata cara membuat Weblog dengan cukup 1 (satu) User Name dan Password bisa dipakai untuk mengelola beberapa Weblog di tempat Layanan Yang Sama namun dengan Alamat URL yang berbeda dan Isi Weblog yang berbeda pula !
  24. Dalam Menu Dashboard terdiri dari beberapa Sub Menu, sebutkan semuanya dan fungsinya masing-masing !
  25. Di manakah kita akan menambah Gadget /Widget (Add Gadget/Widget) di Blogspot ?
  26. Sebutkan Unsur-Unsur yang terdapat pada Sub Menu Layout (Tata Letak) dan kegunaannya masing-masing !
  27. Jelaskan kegunaan PUBLISH ENTRY !
  28. Jelaskan cara menerbitkan Artikel yang gagal di PUBLISH ENTRY dan muncul Pesan Error !?
  29. Jelaskan kegunaan SAVE AS DRAFT !
  30. Jelaskan cara menerbitkan Artikel yang sebelumnya berupa SAVE AS DRAFT !?
  31. Jelaskan cara menghapus Artikel yang bersifat PUBLISH ENTRY maupun SAVE AS DRAFT bilamana suatu waktu mersa harus dihapus karena adanya alasan-alasan tertentu !?
  32. Definisi Template !
  33. Manfaat Template !
  34. Tujuan adanya Template !
  35. Tuliskan tata cara mengganti Template via Layanan Template Versi Gratisan !
  36. Tuliskan Alamat URL sebanyak mungkin yang memberikan Layanan Template Gratis !
  37. Tuliskan Alamat URL sebanyak mungkin yang memberikan Layanan Template Berbayar alias Beli !
  38. Sebutkan perbedaan antara Template Weblog Gratisan dengan Template Weblog Berbayar !
  39. Sebutkan persamaan antara Template Weblog Gratisan dengan Template Weblog Berbayar !
  40. Tuliskan sebanyak mungkin Alamat URL yang memberikan Layanan Panduan/Tutorial Gratis tentang Membuat dan Mengelola Weblog dari Kelas Dasar/Pemula, Menengah hingga Kelas Lanjut !
  41. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah berkunjung ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
  42. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah copy paste yang diijinkan ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
  43. Sebutkan indikator bahwsanya kita boleh copy paste di suatu Alamat URL orang lain !
  44. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah mendownload yang diijinkan ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
  45. Sebutkan indikator bahwsanya kita boleh mendownload secara gratis di suatu Alamat URL orang lain !
  46. Ekstensi Domain Name suatu Alamat URL itu banyak ragamnya , misalnya .org; .com; .biz; .net; sch.id; ac.id. karena itu, carilah sebanyak mungkin Ekstensi suatu Domain Name, kemudian jelaskan penerapannya masing-masing !
  47. Definisi Sign Out (Log Out atau Exit) !
  48. Manfaat Sign Out (Log Out atau Exit ) !
  49. Jelaskan dampak negatif bilamana lupa Sign Out !
  50. Jelaskan cara mengatasi Sign Out yang gagal terus dan ingin Weblognya aman dari gangguan orang-orang yang tak bertanggungjawab !?
  51. Jelaskan, mengapa setiap akan melihat saja isi suatu Weblog, cukup mengetikkan Alamat URL di Address Bar suatu Search Engine !?
  52. Sebutkan perbedaan membuka Weblog lewat Alamat URL dengan Login dahulu di http://www.blogger.com !
  53. Sebutkan persamaan antara membuka Weblog lewat Alamat URL dengan Login dahulu di http://www.blogger.com !
  54. Sebutkan secara lengkap Sub-Sub Menu yang ada pada Sub Menu Settings (Pengaturan) dalam Blogspot dan kegunannya masing-masing !
  55. Sebutkan kegunaan pengaturan FONTS & COLORS dalam Blogspot !
  56. Berikan alasan mengapa suatu hari kita bisa dan boleh menghapus Blogspot !?
  57. Sebutkan cara menghapus Blogspot bilamana suatu hari tidak menginginkan lagi !?

PSPB ... ? (Pertanyaannya Segudang , Penjawabannya Bagaimana ... ?)

Jawab:
1. Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya isinya berupa artikel, yang disebut post, dan disusun berdasarkan urutan kronologis. Awalnya blog muncul sebagai diary online, namun saat ini blog mencakup berbagai macam jenis topik, dan bersaing ketat dengan media massa kebanyakan.

2. Sejarah Weblog atau Blog
Menurut sejarah yang tercatat di Wikipedia, istilah weblog diperkenalkan atau lebih tepatnya dipakai pertama kali oleh John Barger pada tahun 1997. Selanjutnya, istilah ini disempurnakan lagi oleh Peter Merholz di tahun1999 yang menyebut istilah “we blog” menjadi “weblog”. Sekarang, weblog lebih dikenal dengan istilah yang lebih singkat, yaitu “blog”. Selanjutnya, istilah ini mengacu pada website diary online yang ditulis siapa pun dan ditujukan secara terbuka untuk semua orang.
Dalam sejarahnya, salah satu pionir Weblog adalah Xanga yang pada tahun1997 memiliki koleksi sekitar 100 weblog saja. Kemudian dalam perkembangannya, di tahun 2005 saja Xanga telah memiliki lebih dari 50 juta weblog yang terdaftar di tempatnya.
Blog menjadi jauh lebih populer ketika dua orang dari Pyra Labs, yaitu Evan Williams dan Meg Hourihan menciptakan situs khusus para pembuat blog bernama blogger.com yang kini diakuisis oleh Google. Sampai saat ini, Blogger masih banyak dipakai dan menjadi pesaing kuat WordPress.


4.

Sejarah Blogger Atau Blogspot


Blogger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Sudah banyak diantara kita yang mengenal blogspot.tapi apakah kita tahus sejarahnya.Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi Wordpress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia. Berikut sejarah Blogger:
Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini memnyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.
Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.
Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.
Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.
Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.

5. Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih
dahulu, oleh karena itu sebelum membuat sebuah weblog maka kita terlebih dahulu
mendaftarkan diri pada free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis)

6.

Sejarah Terbentuknya Blog/Weblog

Ada Problem ?Sekapur Sirih Tentang Blog
Ahli Psikologi James W.Pennebeker pernah menggelar riset soal curhat-curhatan terhadap ribuan orang dari berbagai usia dan latar belakang.Dari riset itu,ia memperoleh kesimpulan bahwa dalam kondisi stres,beban pikiran seseorang bisa berkurang hingga separuhnya kalau orang itu mencurahkan isi hatinya.Pennebeker menyimpulkan bahwa bercerita melalui tulisan yang ditulis sejujur-jujurnya merupakan terapi yang mujarab.
Pennebeker menganjurkan seseorang yang kerap tegang,menuliskan perasaan,pikiran,uneg-unegnya,ke dalam catatan semacam diari.Di Internet,ada suatu tipe situs web yang menyerupai diari karena ditulis kronologis.Situs web seperti itu disebut dengan webblog–disingkat menjadi blog.
Definisi blog menurut Webopedia(www.webopidia.com) adalah suatu halaman web berisi jurnal yang merefleksikan personaliti pembuatnya dan bisa diakses oleh orang banyak,dan blog biasanya di-update setiap hari.
Di Wikipedia,blog dijelaskan sebagai tipe situs web yang isinya seperti jurnal,diurutkan terbalik secara kronologis.Isinya adalah komentar atau berita tentang subjek tertentu,mulai dari hal-hal “berat” seperti politik sampai yang “ringan” seperti makanan.
Blog,seperti dijelaskan di wikipedia,bisa berisi teks,gambar,link ke blog lain,atau media lain yang memiliki topik yang sedang dibicarakan.Suatu blog bahkan bisa berisi kombinasi teks,gambar,dan media lain.
Perjalanan Blog
Bentuk blog sebenarnya mulai muncul sekitar tahun 1993.Situs web The National Center for Supercomputing Applications(NCSA)–pusat supercomputing Amerika Serikat–yang beralamat di http://archive.ncsa.uiuc.edu/SDG/Software/Mosaic/Docs/old-whats-new/whats-new-0693.html memiliki situs berbentuk blog.Halaman situs web itu menampilkan hal-hal baru di situs web NCSA.
Salahsatu blogger(sebutan untuk orang yang membuat blog) bangkotan yang terkenal adalah Justin Hall.Bahkan oleh majalah New York Times,pria kelahiran Chicago,16 Desember 1974,ini disebut sebagai penemu blog personal(the founding father of personal blog).Hall membuat situs web Links from the underground yang berlamat di www.links.net pada tahun 1994.
Tahun 1993 dan 1994,istilah blog dan weblog belum dikenal.Istilah weblog dibuat oleh Jhon Barger (www.robotwis-dom.com) di tahun 1997.
Istilah Blog kemudian dibuat oleh Peter Merholz (www.peterme.com).Dengan maksud bercanda,pada pertengahan 1999,Merholz memecah weblog menjadi we blog.Kata itu kemudian diadopsi sebagai kata benda dan kata kerja.Sebagai kata benda,blog berarti,yah tadi sudah kita bicarakan.Sedangkan sebagai kata kerja,blog berarti membuat weblog.
Mulai sekitar 1999 inilah penggunaan blog menjamur.Sebagai contoh,seperti tertulis di wikipedia,situs web Xanga (www.xanga.com) yang diluncurkan tahun 1996 cuma melayani 100 diari pada tahun 1997.Akan tetapi,pada Desember 2005,Xanga melayani lebih dari 50 juta diari.
Merebaknya pengguna blog itu kemudian memicu munculnya perangkat-perangkat untuk ngeblog.Tahun 1999,programer asal Amerika Serikat Brad Firzpatrik,membuat LiveJournal (www.livejournal.com).Kira-kira pada waktu yang nyaris bersamaan,Evan Williams dan Meg Hourihan–keduanya dari Pyra Labs–membuat Blogger(www.blogger.com).Tahun 2003,Blogger dibeli oleh Google.

7. Manfaat Blog Dalam Keseharian Anda - Kalau anda sering ngeblog, pasti anda sudah tahu apa manfaat dari blogging. Sebuah blog dapat digunakan untuk bisnis, menghasilkan uang atau sebagai sumber informasi. Tetapi banyak orang menjalankan blog hanya untuk kesenangan atu hobi. Di postingan saya kali ini, kita akan melihat aspek yang lebih menyenangkan dari blogging.

Berkomunikasi dengan anggota keluarga atau teman yang bertempat tinggal jauh dengan kita adalah salah satu alasan yang paling tepat memilih blogging untuk saling mendekatkan diri. Karenanya, kita tidak perlu menempuh jarak atau menghabiskan biaya hanya sekedar ingin saling mendapatkan informasi.

Selain menulis, anda dapat menggunakan fitur blogging untuk menampilakan foto-foto dan fitur-fitur yang ada sangat mudah digunakan. Dengan demikian, anggota keluarga atau teman dapat melihat apa yang sedang anda lakukan melalui gambar tersebut. Misalnya anda sedang merayakan ulang tahun, menampilakan gambar makanan yang baru di masak atau bahkan kegiatan bisnis yang sedang ada lakukan dan beberapa aktivitas keseharian anda yang ingin anda share dengan orang lain.

Cara lain atau hal lain yang menyenangkan dalam menjalankan sebuah blog adalah anda dapat mengekpresikan diri anda melalui keterampilan, kepiawaian dan keahlian anda. Misalnya anda seorang tukan masak, anda bisa menunjukkan keahlian memasak anda melalui blogging dengan menampilkan resep masakan terbaru atau cara kiat memasak yang cepat dan nikmat. Orang lain dapat belajar memasak dengan anda ketika mereka mengunjungi blog anda. Jika anda suka menulis cerpen, anda juga bias mengekpresikan kesukaan anda melalui blogging yang dapat anda dapatkan secara gratis.

Selain beberapa kesenangan blogging yang telah saya sebutkan di atas, tujuan lain blogging adalah menggunakannya untuk mencatat peristiwa, kegiatan di sekolah, pernikahan, liburan, dll. Dewasa ini, fitur-fiturnya lebih mudah dan semakin canggih untuk menyertakan file audio, klip video dan sebagainya. Dengan menggunakan blog gratis atau berbayar, anda dapat men-design apa konten yang akin anda muat dalam blog anda. Theme dari blog anda juga bisa anda rancang sesuai keinginan anda. Misalnya blog yang bertema bisnis, theme nya elegan dan serious, untuk para gadis yang menulis catatan harian mengunakan theme pink, untuk anak-anak menggunakan theme yang banyak gambar-gambar kartun dan sebagainya.


8. memostingkan tugas yang SUHU berikan............
menambah pengetahuan kita...........
blogging is actually sama seperti kegiatan jurnalistik tapi gak seketat itu. dengan blogging kita bsa mengeluarkan semua pendapat kita tentang apapun dari sudut pandang kita, nulis diary di blog (jadi kind of diary online) atau cuma sekedar mengcopy paste wikipedia dan berita situs2 lain ke blog kita. intinya blog itu semcam catatan online.
manfaat blogging:
-melatih kita untuk rajin menulis-dengan rajin menulis membuat pikiran kita jadi lebih terbuka
-membuat pendapat kita dapat ditanggapi dan dinilai sama orang lain atau sekedar diketahui aja
-membuat kita bisa secara tidak langsung jadi selalu update berita dan bikin kita tambah wawasan, karena kalo gak gitu gimana mau nge blogging
-menambah penghasilan meski tidak terlalu banyak tapi kalo beruntung bisa banyak juga sih.
-mengevaluasi diri-kalo dibaca2 lagi postingan lama kita jadi tau, ooh kita tuh gini ya. kurangnya kita ini ya. yang harus gue pertahanin ini ya.
-dan semua itu sangat useful apalagi kalo kamu mau jadi penulis. tapi walaupun gak mau jadi penulis, itu juga bisa jadi media mengemukakan pendapat.

keuntungan: lo mo bilang apa juga boleh aja, itu kan blog lo punya lo pribadi. yang penting jangan mengganggu orang lain dan masih bertanggung jawab

cara buat: ketik www.blogger.com/start nanti ikutin aja.
atau mau bikin di wordpress.com atau multiply.com sama aja kok

and blogging is not always about writing in skyrocks.com you can also memposting foto2 aja. yaah kayak lebih ke arah nunjukin foto2 lo secara online.



9.

Langkah 1: Daftar Google

Daftarkan Diri Anda di Google

Lho koq? Koq di Google? Katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, koq malah di Google? Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki login google.com.

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com. Anda akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah.

Jika Anda sudah memiliki login di Google, Anda tinggal login, maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Oh ya, Anda bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki login Google.

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah.


Halaman Pertama

Langkah 2: Daftar Blog

Lengkapi Pendaftaran Anda

Setelah Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkn dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

Jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Anda harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. BTW Anda sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.


Form Pendaftaran 1


Form Pendaftaran 2

Langkah 3: Membuat Blog

Memilih Nama Blog dan URL Blog

Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3X.

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama Hasna Zahidah. Sssst, jangan curiga, Hasna adalah putri saya. Saya memilih alamat blog dengan alamat http://hasna-zahidah.blogspot.com
sebagai alaternatif, bisa juga http://hasnazahidah.blogspot.com.

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

Anda juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) di
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.


Proses Pembuatan Blog

Langkah ke 4 Blog Template

Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda.

Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.

Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Memilih Tema
10. Username : Pengguna
Password : Kata Kunci

11. Untuk mempermudah pencarian dan mengetahui pemiliknya

12. Jika Anda lupa password account online (yahoo, gmail, e-gold, paypal, dsb), biasanya di halaman login sudah ada fasilitas “forgot password” atau “lupa password“. Coba fasilitas ini, Anda akan diminta memasukkan data-data pribadi. Jika cara ini belum berhasil, Anda dapat menghubungi support center penyedia layanan tersebut, jelaskan data-data pribadi Anda dengan lengkap (tanggal lahir, kode pos, dan lain-lain) sesuai dengan data pada saat Anda pertama kali mendaftar. Dengan cara ini support center akan mengirimkan password baru untuk Anda.

13.
  1. Masuk aja ke http://www.blogger.com/forgot.g
  2. Ada dua pilihan untuk mendapatkan kembali password dan username, disini saya hanya menjelaskan cara pertama yaitu menggunakan alamat url blogger/blogspot.
  3. Langkah selanjutnya kita tinggal ikuti instruksi yang ada (karena menggunakan bahasa indonesia saya tidak menjelaskan caranya secara mendetail, saya yakin kalian semua pasti bisa)
14. Proses memasuki sistem, proses ini disebut juga dengan otentifikasi pemakai (user authentication).

15. untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

16. untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

17. Memori yang sangat cepat dalam transfer datanya, bertugas membantu operasi yang dilakukan pemroses, terutama sebagai tempat operan-operan. Register ini dikategorikan menjadi dua, yaitu (1) register yang terlihat pemakai, seperti data register dan address register. (2) register untuk kendali status.

18. bertugas membantu operasi yang dilakukan pemroses, terutama sebagai tempat operan-operan

19. control panel (panel kontrol), yang ditempatkan di depan pengemudi pada sebuah mobil. Digunakan untuk pengontrolan dalam pengoperasian kendaraan. Di dalam suatu sistem, baik berupa blog, web hosting, atau lainnya, dashboard ini merupakan sebuah halaman utama yang berisi berbagai fasilitas dalam pengontrolan sistem tersebut

20. Digunakan untuk pengontrolan dalam pengoperasian kendaraan
biaSanya digunakan Untuk membuat atau mengedit bahkan membenahi blogger lebih khusus-Nya

21. membuat atau mengedit bahkan membenahi blogger lebih khusus-Nya

22. agar blog kita tidak dirusak hacker-hacker

23. Pada lembar/halaman kedua, anda diminta untuk mengisi kotak isian yang sangat mudah untuk dijawab yaitu :
a. Nama Pengguna/User name : Isikan nama anda, asalkan lebih dari 4 karakter/huruf. Nama ini akan muncul menyertai tulisan yang anda terbitkan/publikasikan di blog anda sebagai penulis/author. Jika tidak ingin nama anda muncul, silahkan isikan dengan nama samaran. Nama Pengguna tidak dapat disunting atau diubah, oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu sebelum anda menulis kotak pengguna ini. Namun saya sarankan untuk mengisi nama asli anda, sebab pada dasarnya membuat blog/situs antara lain untuk menunjukkan pada dunia bahwa anda ada dan punya ide dan informasi
b. Kata Sandi/Password : Isi dengan kata sandi anda tapi mudah diingat oleh anda. Sandi ini bersifat rahasia, usahakan hanya anda yang tahu, kecuali anda menginginkan orang lain ikut berpartisipasi mengisi blog anda.


24. Dashboard yang merupakan menu pusat kontrol panel mempunyai 7 submenu yaitu :

1.1. Dashboard
Pada Dashbord inilah sobat mengendalikan semua aktivitas blog sobat.
1.2. Blog stats
Pada blog stats ini sobat bisa melihat statistik dan informasi perkembangan blog sobat seperti jumlah pengunjung,komentar,post dll.
1.3. Blog surfer
Pada blog surfer ini sobat dapat melihat posting terbaru dari blog lain yang sudah sobat add sebelumnya.kalau diblogspot lebih dikenal Follow
1.4. My Comments
Pada My Comments inilah sobat dapat melihat komentar-komentar yang pernah sobat tulis baik di blog sendiri maupun blog orang lain.
1.5. Tag Surfer
Pada Tag surferi ini sobat diberi kemudahan untuk menjelajahi atau blogwalking blog lain dengan keyword hingga sobat bisa mencari artikel-artikel yang mempunyai topik yang sama, cara menggunakannya adalah dengan cara memasukkan keyword yang akan dicari pada kotak Subscribed Tags, lalu klik tombol Add.
1.6. Subscriptions
Pada subscriptions sobat melihat tampilan blog langganan sobat.
1.7.Readomattic
Pada Reaomattic sobat dapat melihat tampilan blog yang terdaftar pada blog surfer dan tag surfer

25. Seperti yang kita ketahui bahwa Add a Gadget adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menambahkan widget baru pada template. Sehingga kita bisa menambahkan widget atau kode HTML tertentu pada blog kita

Namun ada sebagian template yang tidak menyediakan fasiltas add a gadget pada bagian tertentu sehingga kita tidak bisa menambahkan widget atau kode HTML pada bagian tersebut.

Sebagai contoh, anda ingin menambah widget pada bagian header namun dibagian tersebut tidak ada Add a Gadget.


Lalu bagaimana caranya? Gampang silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Login ke blogger. Klik Layout -> Edit HTML
2. Cari kode:


Keterangan:
Maxwidgets
: jumlah widget yang bisa ditambahkan
Showaddelement: menampilkan fungsi add a element atau add a gadget.

3. Kalau sudah ketemu, ganti kode diatas dengan kode berikut ini

Itu berarti kita bisa menambahkan maksimal 3 widget pada bagian header. Anda bisa mengganti angkanya dengan nilai lain sesuai kebutuhan.

4. Jika sudah, klik Save Template lalu klik Page Element maka hasilnya akan menjadi seperti ini.


Untuk bagian Blog Post cari kode:


Sedangkan untuk bagian Footer cari kode:


26.


27. Untuk memosting Hasil yang akan ditunjukkan dan dilEtakkan paDa bLoG kitA..

28. CobateruS hinggA berHasil bila masih tiDak bias, hubunGi blogger.com

29. Disimpan duLu dan sewaktU –wakTu dapat diperbaiki

30. Edit entHry lalu selesaikan tugAs yang ada daLam Save aS draft tersebut kemudian kLik terbitkan
EntRhY…

31. buKa menu edit kemudian akan munCul beberaPa postIngan dan piliH postingan yang memeng akan dihapuZ..

32. template : hiasan yang biasanya disuguhKan daLam bloG..

33. Untuk menghias bLog seHinggA terLihat inDah dan Tidak membosankan…

34. . Untuk menghias bLog seHinggA terLihat inDah dan Tidak membosankan…

35. Buka menu DasHboArD dan pilih Edit HTML-pilih Edit template


36. 1. Free Blogger Templates
2. Final Sense
3. Blogger Templates
4. Planet Blog Template
5. E-blog Templates
6. Blogspot Templates
7. Blogger Free Templates
8. Blogger Buster
9. Blogger Templates
10. Jackbook.com






37.
1. Premium News Theme
2. WP Remix
3. Revolution Theme
4. WordPress Themes Market
5. WP Candy

38. Blog gratis — Kebanyakan dari jutaan blogger di seluruh dunia memakai jasa blog gratisan, misalnya di wordpress.com dan blogspot.com. Ini sangat cocok untuk pemula yang belum pernah bikin situs pribadi
Blog berbayar — Contohnya Blog Berita. Kelebihan dan kekurangannya adalah kebalikan dari blog gratisan di atas, plus beberapa hal lain. Kita harus membayar domain setiap tahun, membayar hosting setiap tahun, merawat data, menginstall software dan plugin sendiri. Baru saja Blog Berita mengganti template — yang kaulihat sekarang, dengan tampilan bergaya suratkabar — dengan membayar sekitar Rp650 ribu.

39.
  1. Gampang Cara Pakeknya. Keduanya sama-sama gampang penggunaannya. Segampang elu ngetik di program pengolah kata. Sebelum posting dipublikasikan, elu pun bisa melihat review-nya terlebih dulu. mbikinnya pun gak susah. elu tinggal mengikuti petunjuknya yang cuma dalam beberapa langkah (langkahnya raksasa...wkwkwkwkk), so jadilah blog yg elu impi-impi'in
  2. Tersedia pilihan template (theme). Keduanya sama-sama punya pilihan theme. tp, secara jumlah, pilihan lebih banyak di Wordpress. Sebenarnya Template atau theme ini bisa elu ganti dengan template lain yang beredar di internet baik yang gratis ataupun yang berbayar
40.
  1. Yahoo Geocities. Alamatnya http://www.geocities.com
  2. 50webs. Alamatnya http://www.50webs.com
  3. Tripod. Alamatnya http://www.tripod.com
41. copy paste/mengambil hal-hal yang bermanfaat terutama di bidang pendidikan

42. mempelajari pengetahuan yang sudah di copy paste

43.

0 Response to "Tugas 7. Weblog Blogspot"

Posting Komentar